Thursday, June 11, 2009

Cara Membuat Blog di Blogspot

Mungkin, masih ada beberapa dari Anda yang masih belum mengerti tentang blog, dan masih bertanya-tanya tentang blog. Oleh karena itu, izinkan saya untuk mencoba menjelaskan sedikit tentang blog. (Berdasarkan versi saya),

1. Blog, Apa itu?

Blog (singkatan dari Web log) adalah situs yang lebih dominan dalam karakteristik pribadi. Ini artinya, sebagian besar konten akan terpengaruh (sadar atau tidak) dengan karakteristik dari Blogger (Blog user) sendiri.

Blog dibuat oleh para desainer dari penyedia blog agar bekerja secara otomatis dan mudah dioperasikan untuk menjadi aktif, sehingga untuk itu kita yang masih bingung dengan bahasa pemrograman untuk membuat satu situs web menjadi bukan suatu masalah. Jika Anda dapat membuat sebuah account email di internet, maka dalam membuat blog, saya yakin anda pasti bisa.

2. Cara membuat blog?

Seperti ketika kita memulai untuk membuat sebuah e-mail biasa, kita akan memerlukan sebuah account terlebih dahulu, untuk membuat sebuah blog. Karena itu, silahkan untuk mendaftarkan diri anda sendiri di salah satu penyedia blog gratis. Kita dapat menemukan banyak penyedia blog gratis di internet, dan beberapa penyedia blog yang sangat terkenal saat ini, adalah http://www.blogger.com,
http://www.wordpress.com atau
http://www.blogsome.com.

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba menjelaskan tentang membuat blog di blogger.com Klik gambar dibawah untuk mendaftar.

Silahkan Lihat Gambar Dibawah:

please click here

Setelah Anda membuka situs Blogger.com, Anda akan melihat halaman seperti gambar diatas. Sekarang mohon ikuti petunjuk dibawah ini :

  1. Klik Sebuah gambar tanda panah yang tertulis “CREATE YOUR BLOG NOW” atau "BUAT BLOG ANDA SEKARANG"
  2. Lengkapi kotak isian 'Alamat E-mail', dengan Alamat E-mail Anda sendiri (tentunya yang masih aktif)
  3. Masukkan ulang alamat e-mail Anda dalam bentuk 'Ulangi alamat e-mail'
  4. Ketik password yang Anda inginkan. masukkan dalam kotak, 'masukkan sandi'
  5. Ulangi masukkan sandi dalam kotak 'ketik lagi password'
  6. Ketik kata yang ditampilkan dalam sebuah gambar (captcha), dalam kotak 'kata verifikasi'. Lalu klik kotak putih persegi kecil di samping kalimat, 'Saya menerima Persyaratan Layanan'.
  7. Klik tanda panah yang ditulis dengan "LANJUTKAN"
  8. Tuliskan judul blog Anda yang Anda inginkan (Anda bisa mengubahnya nanti) dalam bentuk 'Judul Blog'
  9. Ketik nama situs Anda dalam bentuk 'Alamat Blog (URL)'.
  10. Ketik kata verifikasi yang ditampilkan dalam kotak 'kata verifikasi'. Setelah itu, klik gambar panah yang ditulis dengan kata, 'LANJUTKAN'.
  11. Pilih salah satu template yang anda inginkan (Anda bisa mengubahnya nanti, jika Anda mau), kemudian klik lagi tanda panah yang ditulis dengan kata 'LANJUTKAN'.
  12. Tunggu sebentar. Setelah bertemu dengan kalimat 'Blog Anda telah dibuat'. Klik yang tanda panah (lagi) yang ditulis dengan "Mulai posting'. Lalu Silahkan anda untuk mengisi blog dengan semua yang anda ingin. Setelah Anda selesai dengan postingan pertama, klik saja kalimat, 'mempublikasikan posting Anda', Silahkan menulis apa yang Anda inginkan, jika telah selesai maka klik tombol "Terbitkan"
  13. Selesai... Anda Telah membuat satu blog.. :) Mudah Bukan ?

No comments:

Post a Comment