Monday, July 6, 2009

Semua Tips Trik Handphone Anda

Dibawah ini anda bisa mengetahui bagaimana cara merawat handphone Agar tidak cepat rusak, atau bagaimana mengatasi masalah-masalah pada hape Anda..

Tips membersihkan body handphone
Gunakan bahan yang ringan dan halus tuk membersihkannya, seperti kain lap kacamata. Dan jangan gunakan cairan yang keras seperti silikon, gunakan saja cairan pembersih kacamata tuk membersihkan body handphone.

Tips Sim Card error
Biasanya gara2 keseringan gonta ganti kartu, sim card yang kita gunakan kadang2 menjadi eror. Kalo aq sih untuk pertolongan pertama biasanya bagian chip nya pada sim card itu ta gosok pake penghapus,entah untuk apa,atas saran seorang temen juga. Biasanya kalau goresan pada chip tidak parah parah sekali, setelah digosok pake penghapus sebentar,sim card bisa digunakan lagi

Tips mencegah pencurian data
Bluetooth sebaiknya jangan di posisikan pada kondisi ON terus. Dan visible nya di set ke OFF, hanya di ON di saat saat yang dibutuhkan,setelah itu kondisikan ke OFF lagi.
Hal ini untuk menjaga pencurian data pada HP kita.

Tips mengatasi batere hp yang ngedrop
Kadangkala disaat saat darurat,saat kita jauh dari yang berbau toko hp dan teknisi hp tiba2 batre hp kita drop. Mau beli,beli dmana? Mau ke service hp,servis dmana? Apalagi hp kita tergolong yang susah dicari,jadi butuh waktu tuk mencarinya
Ada tips ringan yang saya dapet dari...dari mana ya..aq lupa,kayaknya sih majalah..
Masukkan batre yang drop tadi ke freezer dengan dibungkus plastik dan diikat rapat. Diamkan di sana selama 12 jam, setelah 12 jam keluarkan dan tiriskan (emang masakan!).kalo iketan plastiknya rapat,biasanya batre hpnya g basah. Setelah itu dicoba,biasanya sih dengan cara itu bisa. Sudah beberapa kali ta coba bisa, Entah bagaimana dgn anda. Cobalah sendiri. Klo bisa ya lumayan, klo gak bisa brarti anda blum beruntung

Tips tuk mengetahui hape seken anda pernah nyemplung air atau tidak.
Ada beberapa tips tuk mengetahui hape seken anda pernah nyemplung air atau tidak:

1. Di stiker garansinya ada tulisan dengan spidol merah X-WD (eX Water Damage)
Dan di stiker imeinya biasanya juga diurek2 pake spidol merah juga. Tapi ini hanya ada kalau kita servis di konter resmi.

2. Periksa bagian batre, di hp Sony Ericsson, pada bagian batrenya sebelah atas deket kuningnya itu biasanya ada stiker kecil berwarna putih. Kalau sudah pernah rusak nyemplung air, stiker ini jadi berwarna merah.
(klo stiker ini tidak ada berhati2 aja, ada kmungkinan hp anda pernah nyemplung air, untuk merk lain saya kurang tahu, karena dari dulu pegangan saya rata rata SE aja)

3. Cek fisik (kalo ini biasanya yang bisa teknisi hp)

Tip: Cara Me-Recharge Baterai HP
Ada pertanyaan yang selalu diutarakan user/pemakai pada setiap kali membeli HP Baru.
Banyak pembeli yang selalu menanyakan bagaimana cara merecharge ulang baterai HP ?
dan kebanyakan toko HP akan menjawab : charge pertama 6 jam Pak....selanjutnya paling banter 2 jam dah penuh dan normal.

Hal itu biasa dilakukan jika HP kita menggunakan baterai Nicd atau Metal, sedang saat ini semua HP sudah menggunakan baterai Lithium. Ciri khas baterai Lithium beda dengan Nicd atau Metal. Lithium tidak dianjurkan sampai habis bis kemudian recharge, sedang Metal dan Nicd dianjurkan sampai habis baru recharge.

Untuk Hp dengan baterai Lithium Kalau kita teliti lebih jauh charger akan berhenti otomatis pada saat baterai telah terisi penuh, dan ini butuh waktu paling lama 1.5 jam saja, bagaimana cara kita merecharge sampai dengan 6 jam seperti yang dianjurkan toko?

Cara yang sebenarnya untuk me recharge baterai HP lithium adalah:
1. Untuk masa 4 kali recharge yang pertama:
- HP harus selalu dalam kondisi mati pada saat
recharge/pengisian baterai.
- waktu yg dibutuhkan adalah 2 jam saja pada setiap
kali pengisian.
2. Dalam masa tersebut Baterai Hp anda tidak boleh
mengalami kondisi baterai habis sama sekali.
3. Lepas dari masa 4 kali recharge pertama, pengisian berikutnya secara normal saja. Lama nya tergantung jenis HP, Baterai dan Travel Charge nya

Tips membeli HP second
Sebenarnya saat kita membeli HP 2nd tanpa pengetahuan yang jelas sama saja kita seperti membeli kucing dalam karung. Padahal sebenarnya apabila kita punya pengetahuan yang cukup ttg HP kita bisa mendapat barang bagus. Karena HP baru VS HP 2nd harganya terpaut cukup jauh.

Tipsnya :

1. Perhatikan no IMEI nya, perhatikan ini

HPnya harus yang GSM, bukan CDMA...
Would like to know your mobile is original or not?!
ketik : * # 06 #
untuk memunculkan no IMEI
setelah itu no IMEI anda akan keluar
ex :
4 3 4 5 6 6
0 0 6 7 8 9 4 3 5
perhatikan 2 angka yang yg dicetak tebal. angka ke 7 dan 8 dari kiri

Jika angka ke 7 & 8 adalah 02 atau 20 maka artinya HP anda dibuat di ASIA yang mempunyai kualitas jelek

Jika angka ke 7 & 8 adalah 08 atau 80 maka artinya HP anda dibuat di Jerman yang mempunyai kualitas tidak terlalu jelek

Jika angka ke 7 & 8 adalah 01 atau 10 maka artinya HP anda dibuat di Finlandia yang mempunyai kualitas bagus

Jika angka ke 7 & 8 adalah 00 maka artinya HP anda dibuat di Prancis yang mempunyai kualitas terbaik di dunia Mobile Phone
Try It
sumber : tabloid pulsa

2. Perhatikan no IMEI nya, samakan dengan dusnya sama atau tidak

3. Perhatikan kelengkapannya. Dus, batre, charger, handsfree, CD, pastikan semuanya lengkap!dan pastikan ada sticker hologramnya

4. Perhatikan layar LCD nya baik2 cari apakah ada titik hitam atau tidak. Kalau ada,sebaiknya hp tersebut jangan dibeli, karena hampir bisa dipastikan LCD nya mulai kena. Khusus yang touch screen pastikan juga sensitivitas tunyulannya atau stylusnya masih peka

5. Tekan semua tombol yang ada,masih berfungsi atau tidak. Kalau mau mau lebih teliti lagi, coba untuk nulis sms,disitu kepekaan keypadnya lebih terlihat

6. Coba untuk mencoba dalam waktu yang lama diatas 5 menit. Untuk menjaga hal hal yang tidak diinginkan seperti hp tiba2 panas, batre panas, hp restart sendiri, sinyal tahu2 hilang, batre ngedrop, hp hang.

7. Coba untuk telpon ke layanan operator

8. Tes mikropon lewat menu recorder

9. Cek speakernya, suaranya pecah atau tidak, keras seperti normal atau tidak

10. Cek vibrasinya masih ada atau tidak

11. Buka tutup batre dan lihat segel+bautnya. Kalau bautnya cacar/segelnya bertuliskan repaired by...berarti hp tersebut pernah diservis

12. Usahakan beli yang masih bergaransi

13. Kalau membeli yang model sliding/flip/swifel usahakan juga yang termasuk keluaran agak baru. Soalnya kalau kelamaan dikhawatirkan flexiblenya kena. Klo dah kena ya udah...paling2 blank screen.

14. Terakhir cek casing luarnya..


Maximize Your Mobile Phone
Banyak orang hanya menganggap ponsel hanya sebagai alat komunikasi semata, telpon dan sms. Padahal banyak sekali yang bisa kita dapatkan dari sebuah ponsel

Aplikasi office
Kalau di ponsel berbasis Java ada aplikasi yang namanya Mobile Word dan Mobile Sheet
Di ponsel Symbian fasilitasnya jauh lebih beragam. Yang paling terkenal adalah Quick Office dan Document To Go. Dengan kemampuan membaca + membuat file2 office (word,excel,powerpoint). Tidak ketinggalan aplikasi PDF reader melengkapi fitur Office pada ponsel anda.

Browser
Kalau anda masih merasa kurang puas dengan browser yang ada di ponsel, pilihan Opera Mini bisa dijadikan alternatif. Berbasis Java yang bisa digunakan sebagian ponsel yang ada

Music
Kalau pemutar mp3 untuk ponsel java masih sangat susah dicari. Tapi kalau untuk ponsel berbasis symbian 2 aplikasi keluaran lonely cat games dapat diandalkan. Ultra MP3 dan LCQ juke box. Kalau ponsel termasuk ponsel music,pemutar standard dari vendor biasanya jg cukup mumpuni.

Fitur fun lainnya
GMaps ----) aplikasi yang sama dengan Google Earth
Slicker,agile messenger -----) untuk chatting,banyak aplikasi yang menawarkan program chat,tapi dari pengalaman 2 aplikasi ini mampu bekerja dengan baik,walaupun sinyal naik turun. Cukup stabil dan tidak putus2
Email Client ---) Berggi,Gmail,Emoze


STOP BAD HABBIT

Kadangkala kita melakukan kebiasaan2 yang buruk kala kita menggunakan hp.

1. Menggunakan hp saat di dalam bioskop, mending mending kalau di silent, kadang kadang ada yang masih bangga dengan ringtone nya.

2. Menelepon saat mengendarai kendaraan. Do you know, kecelakaan akibat bertelepon / ber sms ria saat mengendarai mobil merupakan salah satu yang tertinggi??? Dan bagi pengendara motor, berhentilah sejenak dari pada naik motor sambil telepon, selain berbahaya, rawan penjambretan. Sudah banyak teman saya yang hp nya dijambret gara2 baca sms di bangjo.

3. Menelepon dengan suara keras di tengah keramaian. Hey, apa anda pikir ini dunia anda berdua?

4. Menelepon dengan menggunakan HP tapi memojok/merapat ke sudut tembok. Apa anda tahu bahayanya? Di tempat terbuka saja radiasi ponsel dapat merusak otak anda, apalagi di tempat sudut dmana radiasi ponsel akan jauh lebih tinggi.

5. Menaruh HP di saku. Kalau digunakan tuk menelepon bisa mengakibatkan kanker otak, apalagi kalau ditaruh di saku baju. Radiasinya bisa memicu terjadinya kanker payudara.

6. Menggukan hp (telepon/sms) di area terbuka. Terutama di pinggir jalan, memicu penjambretan.

7. Membawa hp hingga ke kamar mandi. Jangan tertawa dengan habit yang satu ini, buktinya ada beberapa orang yang nekat menggunakan hp di dalam kamar mandi. Trus ada kejadian tragis hp masuk lubbang WC. Jgn sampai anda mengalami/mengulanginya lagi.

8. Menggunakan HP di SPBU

9. Menggunakan HP di pesawat, sudah dijelaskan pula di trid tetangga

10. Mengecas HP sampai berjam2, apalagi semalaman.


Cara Setting E-Mail di ponsel

Sementara ini yang bisa saya share baru 2 account email saja, soalnya yang saya tahu baru ini.

GMail (Google Mail)
Mailbox name : Gmail
Akses point : sesuai layanan operator yang anda gunakan
Alamat email : akun gmail anda (misal [email address])
Outgoing mail server : smtp.gmail.com
Username : username anda saat mendaftar
Password : password gmail anda
Incoming mail server : pop.gmail.com
Mailbox type : POP3
Security (ports) : 995 (in) / 465 (out)
SSL : on


Yahoo Mail
Mailbox name : Yahoo Mail
Akses
Akses point : sesuai layanan operator yang anda gunakan
Alamat email : akun email yang sudah anda buat (misal [email address])
Outgoing mail server : smtp.mail.yahoo.co.id
Username : username anda saat mendaftar
Password : password yahoo anda
Incoming mail server : pop.mail.yahoo.co.id
Mailbox type : POP3
Security (ports) : 110
(kalau akun email anda di yahoo.com anda tinggal mengganti .co.id dengan .com)


Tips Memulai Mobile Blogging
Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan HP kita. Dari telpon, sms, kirim email, chatting, internetan, sampai yang akan saya bahas ini, Mobile Blogging. Dalam kasus ini saya menggunakan handphone Sony Ericsson M600i, browser Opera Mini 4, dan fasilitas blog di www.blogger.com

Kenapa saya menggunakan blogger.com? Karena sedikit lebih mudah daripada blog lainnya dan apabila menginginkannya ada applikasi khusus dari blogger tuk mengedit blog anda di HP. Yak, kita mulai pelajaran kita hari ini.

Yang harus disiapkan!
1. HP dengan fasilitas GPRS class 10.
2. Browser Opera Mini 4 / Opera Mini 3 (kenapa? Karena sedikit lebih irit dari pada memakai browser bawaan)
3. Bahan bahan yang mendukung untuk membuat artikel/aksesori anda di blog.

Yang harus dilakukan pertama kali! (sebaiknya kita lakukan via internet PC terlebih dahulu)

1. Kita mendaftar di www.blogger.com
2. Setelah account kita aktif kita mulai mengedit tampilan blog kita. Kenapa sebaiknya menggunakan PC? Karena HP tidak mendukung fasilitas Drag n Drop, tuk mengedit tampilan blog anda.
3. Apabila anda ingin membuat chat box / guest book, sangat disarankan sekali tuk memakai produk dari www.oggix.com karena dari apa yang sudah saya coba, ini salah satu yang bisa dibaca oleh HP karena tidak memerlukan flash player.
4. Kalau sudah selesai kita lakukan langkah selanjutnya.

Memulai mobile blogging
1. Install applikasi Opera Mini di HP anda. Apabila anda belum memilikinya anda bisa mendownloadnya secara gratis di wap.getjar.com, masuk ke quick download dan masukkan angka 4985 yang akan langsung menuju ke linknya Opera Mini 4.
2. Setelah terinstall, ketik www.blogger.com dan masukkan email dan password anda.
3. Anda sudah masuk ke kontrol panel blog anda.
4. Mobile Blogging siap dimulai sewaktu waktu, tanpa harus terpancang duduk di depan PC.


Tips untuk Melacak Ponsel yang Hilang :
1. Download versi trial PhoneBAK Mobilephone dari http://www.handango.com/servlet/d/ph...&secw=2c6002d2 &email=

2. Unzip file, akan muncul 4 buah folder dan 4 buah file.

3. Transfer file 'PhoneBak-Mobilephone.sis' ke ponsel. Jangan lupa, sesuaikan dengan tipe ponsel anda ( lihat kompatibilitas )

4. Jalankan aplikasi. Dengan membuka menu > pilih PhoneBak > options >open. Kali pertama dijalankan, aplikasi meminta anda mengisikan 'password', isikan dengan angka '1234' (ini merupakan password default). Anda nanti harus merubahnya.

5. Lakukan pengaturan dengan mengisi 'send1' dengan nomor lain anda, sebagai tujuan pengiriman pesan bila SIM card diganti dengan SIM card yang lain. Begitu juga dengan 'send2' kita dapat mengisi nomor tersebut secara internasional.Selanjutnya ganti isian dari 'customize your message' dengan kalimat yang kita inginkan. Misalnya 'Hp ini telah dicuri orang' Jangan lupa untuk menyimpannya (save) dengan membuka 'options' > 'save'.

6. Lakukan pengujian dengan mengisi SIM card pada ponsel tersebut dengan SIM card yang lain. Bila nomor yang terisi pada 'send1' mendapat pesan singkat yang telah anda isi sebelumnya, berarti aplikasi berjalan normal.

Ketika aplikasi diatur pada posisi 'enabled', setiap kali ponsel dihidupkan, aplikasi akan memeriksa informasi SIM card. Jika SIM card itu tidak dikenali, kontan 2 buah sms akan ia kirim. satu untuk nomor lokal (send1) satu lagi untuk nomor khusus (send2).Sedangkan pesan singkat akan berisi informasi SIM card (IMSI), nomor model ponsel (IMEI), cellID dan kode lokasi, cukup lengkap kan?Selain itu ketika aplikasi dijalankan, akan muncul permintaan pingisian password, jika password yang diisikan salah, aplikasi langsung mengirim 2 pesan lagi.

7. Bila ingin membeli full version aplikasi ini, anda dapat mengunjungi situs http://www.bak2u.com/activatePhonebak.php. (Atau ada yg mau nge silahkan)

Kompatibilitas :Symbian OS versi 7.0 : Nokia 3230, 6260, 6600, 6620, 6670, 7610,Panasonic X700, X800, Samsung SGH-D710, SGH-D720 dan SGH-D730.Symbian OS versi 8.0 : Nokia 6630, 6680, 6681, 6682 dan Lenovo P930.Symbian OS versi 8.1 : Nokia N70, N70(Musik Edition), N90 dan Samsung SGH-Z600,Symbian OS versi 9.0 : Nokia E50, E60, E61/E61i, E62, E65, E70, N71, N73, N75, N76,N77, N80, N90, N91, N92, N93/93i, N95, 3250, 5500 Sport, 5700, 6110 Navigator, 6120, 6290,Samsung SGH-i400, SGH-i520, dan LG KS10 JoY


Sekian dulu tips trik tentang handphone yang dapat saya berikan, apabila ada tips dan trik lain yang belum saya posting dan anda ketahui, alangkah baiknya bila anda bisa mempostingnya disini melalui kota komentar.. terima kasih...

3 comments:

  1. wah bgus neiy...
    thx y,smg bhgia dunia akhrat.

    ReplyDelete
  2. mantapzzz..thanks buat infonya

    http://trick-ponsel.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Makasih infonya bos,,,cukup lengkap dan jelas, so pasti bermanfaat banget...

    http://tokopratama.blogspot.com/

    ReplyDelete